Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

makan dengan bijak


Beberapa teman saya senang menikmati makan malam direstoran. Pada malam-malam tertentu mereka pergi ke restoran yang sangat mahal, dimana mereka siap mengeluarkan banyak uang untuk menikmati makanan mewah . akan tetapi, mereka akhirnya menyia-nyiakan pengalaman itu dengan mengabaikan cita rasa makanannya dan lebih berkonsentrasi pada percakapan dengan rekan mereka.

Siapa yang akan mengobrol selama berlangsungnya konser persembahan sebuah orkesta hebat? Mengobrol akan mengalami anda menikmati musik yang indah, dan memungkinkan anda untuk ditendang diluar. Bahkan ketika sedang menonton film yang bagus pun, kita tidak suka diusik. Jadi, mengapa orang-orang malah ngobrol ketika mereka makan malam?

Jika restorannya biasa-biasa aja, bisa jadi ide yang bagus untuk memulai percakapan guna mengalihkan pikiran kita dari makanan yang hambar. Namun bila makanannya benar-benar sedap, dan sangat mahal, maka katakanlah kepada rekan anda untuk diam supaya anda memperoleh seluruh manfaaat dari harga yang anda bayarkan; itu adalah cara makan yang bijak.

Bahkan ketika makan dalam diam pun, kita sering gagal mengecap momennya. Malahan, sementara kita mengunyah sepotong makanan, perhatian kita teralihkan ketika kita melihat piring kita untuk memilih makanan berikut dengan garpu kita. Kadang bahkan ada dua atau tiga garpu penuh-sepotong ada didalam mulut, sepotong menunggu giliran, dan yang lainnya sudah menunggu ditumpukan diatas piring, sementara pikiran membayangkan sepotong makanan sesudah itu semua.

Dalam rangka merangsang citarasa terhadap makanan anda, dan untuk mengetahui hidup sepenuh-penuhnya, seyogianya kita sering-sering mengecap satu momen dalam satu waktu dalam keheningan. Dengan demikian barulah kita bisa memperoleh maanfaat penuh dari uang yang telah kita bayarkan pada sebuah restoran bintang lima bernama kehidupan.

“si cacing dan kotoran kesayangannya”, Ajahn brahm

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: