Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

ucapan yang didengar Allah


khaulah dikenal sebagai wanita yang berani menyampaikan  kebenaran dan meluruskan berbagai penyimpangan dengan kata-katanya yang indah dan tersusun rapi.

suatu kali Aus bin Shamit bin Qais, suami Khaulah, sedang marah hingga keluar kata-kata “bagiku engkau seperti punggung ibuku.”

ucapan tersebut bagi khaulah sudah melampaui batas, sehingga ia menolak saat Aus menginginkan dirinya. karena ingin mendapatkan kepastian hukum terhadap kebenaran sikapnya itu, ia pun menyampaikan masalah tersebut kepada Rasulullah. beliau membenarkan sikap Khaulah. kalimat seperti itu telah menyatakan bahwa khaulah haram bagi suaminya. namun, khaulah sebenarnya merasa berat jika harus bercerai dari suaminya. akhirnya ia berdoa kepada Allah agar memberikan solusi terhadap masalahnya ini. subhanallah, ternyata zAllah mendengar perkataan khaulah. Allah menurunkan wahyu melalui rasul-Nya, bahwa pasangan ini dapat hidup bersama kembali, asalkan sang suami menarik perkataanya dan mau memenuhi sejumlah syarat yang Allah tetapkan. peristiwa ini diabadikan dalam surat al-mujadilah [58]: 1-4

karena peristiwa ini, kahulah makin disegani, kata-katanya pun didengar oleh banyak orang, termasuk amirul mukminin saat itu, Umar bin Khatab. suatu ketika pemimpin kaum muslimin itu dinasehati oleh khaulah. dengan santun Umar mendengarkan dan menerima saranya. Umar berkata, “jika Allah saja mendengar perkataan wanita ini, maka Umar lebih berhak mendengarkan perkataanya.”

*********

*********

dikutip dari : “nasehat dari orang gila”, imam ahmad ibnu nizar)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: