Dimanamimpiku

jika untuk meraih mimpi sendiri tidak bisa, maka ajaklah orang lain

pukul 00.02 WIB di kediaman wakil walikota Bandung


Jum’at, 1 oktober 2010

Hari itu peserta ppsdms dijadwalkan untuk mengunjungi kediaman wakil walikota bandung. Sekitar pukul 19.30, jam yang dijadwalkan untuk keberangkatan menuju kediaman sang penguasa nomor 2 kota bandung tersebut. Saya menunggu-nunggu sampai akhirnya sekitar bada isya ada sms masuk, kira-kira isinya begini “ketemu walikotanya jadi jam 10 di balai kota”. Sedikit kecewa saya membacanya. Namun hal itu menjadi sebuah keberkahan tersendiri, karena kebetulan banyak tugas yang menanti. Saya pun mengerjakannya hingga pukul 21.30. sekitar pukul 22.00 rombongan kami pun tiba di balai kota. Lagi-lagi ada rasa kekecewaan yang menghampiri kami. Pa wakil walikota telat hadir dan baru hadir pukul 23.30. ada kejadian yang menarik dan langka, kami mengawali diskusi dengan wakil walikota tepat pukul 00.02 dan berakhir pukul 01.00 tepat. Wooow ! dan disaat itu pula ada pelajaran berharga yang kami dapatkan, bahwa seorang pemimpin harus mempunyai rasa kesabaran. Kesabaran untuk menunggu salah satunya. Dan saat itu pula kami mengetahui bahwa ternyata dengan jadwal kesibukan beliau yang seperti itu mampu memperlihatkan energi positif yang bahkan rasa kantuk pun tak terlihat. Dan yang luar biasa, beliau menerima tamu sampai pukul 04.00. hari itu pula setelah selesai menyambut kami, beliau kedatangan tamu kembali, entah sampai kapan.

“”””

“Semua orang tahu bahwa membuang sampah tidak pada tempatnya dapat menimbulkan banjir. Namun banyak orang yang tetap membuang sampah tidak pada tempatnya”. Itulah fenomena yang terjadi di negri kita tercinta ini. Banyak warganya yang tahu bahwa itu salah, namun mereka masih saja melakukannya.

Pemimpin bukan soal bagaimana cara ia dibina. Pemimpin adalah bagaimana cara dia bertindak. Bagaimana cara ia melakukan hal-hal yang keecil namun bermanfaat. Pemimpin itu sederhana, yang terpenting ikhlas dan konsistensi dalam bertindak. dan satu lagi sosok seorang pemimpin adalah dia yang mempunyai pengetahua yang luas, visi, dan komitmen. Pemimpin lahir dari sebuah sikap, sikap yang mampu membuat orang-orang disekelilingnya terkagum-kagum oleh perbuatan mulianya. Seseorang yang mengambil sampah disetiap sampah yang berserakan pun disebut pemimpin. Bahkan mulai dari tukang sapu sampai dengan polisi. Yang terpenting adalah ikhlas, tanpa keihlasan yang melekat. Akan sangat berat menjalaninya, bahkan ada kecenderungan untuk berbuat negatif.

Ada beberapa isu yang menjadi perbincangan hangat oleh pemimpin

  1. Isu demokrasi

Siapapun dapat memiliki proses yang sama. Artinya ada keterlibatan publik terhadap proses pengambilan keputusan. Sama seperti ketika pemilihan presiden Republik Indonesia, prosesnya semua masyarakat (dengan syarat dan ketentuan yang berlaku) berhak memilih presiden dan wakilnya

  1. Hak asasi manusia

“setiap orang berhak untuk hidup”

Bahkan di dunia pun sangat menghargai yang namanya hak untuk hidup

“Pemerintah harus membuat masyarakat menjadi subjek”

  1. Isu lingkungan

Seorang pemimpin haruslah memahami isu-isu global. Seperti yang dijelaskan diatas bahwa seorang pemimpin harus mempunyai wawasan yang luas sehingga mampu menanggapi secara kritis serta memberikan pertanggungjawaban atas apa yang yang diucapkannya

Dalam diskusi nya pa ayi juga membahas masalah kemacetan lalu lintas yang selalu menyergap kota bandung. Banyak orang mengusulkan bahwa sebaiknya dibuka jalan baru sehingga arus kemacetan bisa dikurangi. Namun ketika meluhat laju pertumbuhan sepeda motor dan mobil yang begitu deras, apakah solusi membuat jalan baru efektif?? Menurut pa ali baiknya pemerintah menghentikan laju pertumbuhan motor tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: